CPNS Pemko Batam Ikuti Latihan Dasar

BatamterkiniCom – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam TA 2022 mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar). Latihan dasar CPNS ini dilaksanakan dengan metode Blended Learning yang memadukan metode online dan klasikal. Adapun jumlah CPNS yang mengikuti Latsar ini sebanyak 266 peserta. Terdiri dari 133 CPNS golongan II dan 133 CPNS golongan III yang terbagi dalam 5 gelombang secara bertahap sampai akhir tahun 2022.

“Metode Blended Learning yang kita gunakan sesuai dengan ketentuan Peraturan LAN Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS. Latsar ini diselenggarakan bekerja sama antara Pemerintah Kota Batam dengan Lembaga Administrasi Negara RI,” kata Jefridin, Senin (20/6).

Pada pelaksanaan Latihan dasar tersebut, Jefridin yang juga sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Batam, menyampaikan Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL). Dengan tujuan agar CPNS mengetahui visi-misi serta target pembangunan di Kota Batam. Jefridin juga memaparkan jumlah penduduk di Kota Batam berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berjumlah 1,2 juta jiwa.

“Masyarakat ini yang harus kita berikan pelayanan publik yang Prima. Atau dikenal dengan ASN yang berakhlak. Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif,” ujar dia.

Informasi penting lainnya yang disampaikan adalah terkait pertumbuhan ekonomi di Kota Batam pada tahun 2021 tumbuh sebesar 4,75 persen. Berdasarkan data dari BPS Kota Batam, Pertumbuhan ekonomi ini melampaui pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional. Katanya, CPNS Kota Batam berperan secara aktif untuk dapat berperan dalam pembangunan Kota Batam.

Baca juga: Menpan RB instruksikan pengetatan seleksi, gegara ratusan CPNS mundur

“Bapak/Ibu CPNS semua sebagai calon pemimpin Batam, wajib mengetahui target-target pembangunan sesuai perangkat daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan sebagai generasi Emas Indonesia, diberi tugas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Menurutnya Pondasi untuk menuju Indonesia Emas tersebut sudah ditetapkan Walikota dan Wakil Walikota Batam melalui tujuan pembangunan dalam RPJMD Kota Batam Tahun 2021-2026.

“Ditangan rekan-rekan CPNS semua kami titipkan untuk melanjutkan dan mengawal sampai tuntas. Mungkin nanti salah satu dari Bapak/Ibu akan menjadi pemimpin. Ditangan Bapak/Ibu semua masa depan dan nasib bangsa ini dipertaruhkan. Apa yang dikerjakan akan menjadi dasar apakah Negara kita, khususnya Batam akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada,” harapnya. (red-)

Komentar Anda