Mayoritas Wilayah Diguyur Hujan Berintensitas Ringan-Sedang

BatamterkiniCom – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang pada Minggu (6/2).

Dalam informasi yang disiarkan melalui kanal Youtube Info BMKG, dipaparkan dari pantauan citra radar dan satelit cuaca kondisi atmosfer di wilayah Indonesia bagian barat tengah dan selatan masih cukup basah.

Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan awan hujan yang cukup masif di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera hingga Selatan Jawa yang menunjukkan aktifnya Gelombang Rossby di ekuator.

Kondisi demikian dapat mengindikasikan bahwa potensi hujan di wilayah-wilayah tersebut masih cukup tinggi hingga beberapa hari ke depan.

Sementara pusat tekanan rendah teramati di Samudra Hindia barat, Australia yang membentuk daerah konvensi di perairan Selatan Jawa, hingga Nusa Tenggara Timur.

Selain itu juga terdapat wilayah pusaran angin atau sirkulasi daerah konvergensi dan konsekuensi di beberapa wilayah Indonesia yang mendukung terjadinya peningkatan aktivitas pertumbuhan awan awan hujan.

Cuaca di Pulau Sumatera secara umum di kota-kota besar diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Pekanbaru dan Kota Pangkalpinang, kemudian hujan dengan intensitas sedang di Kota Bengkulu, dan hujan dengan intensitas lebat di kota Bandarlampung.

Di pulau Jawa secara umum kota-kota besar akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang di Kota Bandung dan hujan yang disertai kilat atau petir di Yogyakarta.

Untuk kota-kota besar yang berada di Pulau Kalimantan secara umum diprakirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waspadai potensi hujan disertai kilat atau petir di Kota Pontianak, di Tanjung Selor, Samarinda, kemudian hujan dengan intensitas sedang di Banjarmasin.

Potensi hujan dengan intensitas ringan dimulai dari kota Denpasar, Mataram, dan juga kota Kupang. Demikian pula untuk kota-kota besar yang ada di pulau Sulawesi dari Kota Makassar, Mamuju, Palu, Gorontalo, Manado dan Kendari diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Kota-kota besar yang terdapat di Indonesia timur untuk Kota Ambon dan Maluku berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk di Kota Ternate dan Jayapura diprakirakan kondisi cuaca berawan. (red-)

Komentar Anda